27 Januari 2008

Selamat Jalan Bapak Pembangunan

PAK H. M. HARTO MENINGGAL DUNIA: Mantan Presiden ke 2 H. Muhammad Soeharto, Minggu 27 Januari 2008 sekitar pukul 13.10 WIB meninggal dunia saat dalam perawatan di Rumah Sakit Pusat Pertamina. Mantan Presiden ke 2 H. Muhammad Soeharto meninggal setelah menjalani perawatan di RSPP selama 23 hari. Selama menjalani perawatan, kondisi Jenderal berbintang lima ini memang labil. Berbagai peralatan kedokteran digunakan oleh Tim Dokter Kepresidenan untuk H. Muhammad Soeharto.
H. Muhammad Soeharto lahir di Desa Kemusuk, Argomulyo Yogyakarta, 8 Juni 1921 silam. Ia merupakan presiden kedua Indonesia menggantikan Ir Soekarno. H. Muhammad Soeharto mulai menjadi orang nomor satu di Indonesia setelah keluarnya Surat Perintah 11 Maret tahun 1967 yang kontroversial.
Berdasarkan Supersemar tersebut, Soeharto kemudian mengambilalih pimpinan negara dan diangkat menjadi presiden Indonesia oleh MPRS tahun 1968.
Sejak saat itu, pria yang dijuluki The Smiling General itu memimpin Indonesia selama 32 tahun. Gerakan reformasi yang terjadi di Indonesia memaksa H. Muhammad Soeharto mundur dari kursi presiden tanggal 21 Mei tahun 1988. Keputusan untuk mundur diambil setelah terjadi demo besar-besaran mahasiswa dan kerusuhan di Jakarta.

Tidak ada komentar: